Upaya Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Praktikum Sederhana
Keywords:
Praktikum Sederhana, Pemecahan Masalah, Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 8 F di SMP N 36 Semarang. Hal ini disebabkan karena selama ini pembelajaran cenderung hanya terjadi interaksi satu arah. Guru menjelaskan materi dengan metode ceramah (discovery learning) dan menulis inti materi pembelajaran di papan tulis, guru mengajar hanya menjelaskan materi secara singkat, memberi beberapa contoh soal dan siswa diminta untuk mengerjakan soal tanpa membuka kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah scientis siswa setelah siswa belajar dengan menerapkan model PBL. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subyek penelitian ini kelas 8 F yang terdiri dari 32 siswa yaitu 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti, diperoleh data hasil penelitian yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis praktikum sederhana juga dapat membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, hal ini dapat dilihat dari terjadinya peningkatan kinerja ilmiah dari siklus 1 yang berkategori baik meningkat 3,5 % dari yang sebelumnya 34,4 % meningkat menjadi 37,5 % dan atau meningkat sebesar 9,35 % pada kategori cukup baik pada siklus 2 sebesar 31,25 % menjadi 40,6 %. Hal tersebut juga mengakibatkan peningkatan pada hasil belajar siswa. Yang mana sudah terdapat 18 siswa yang mampu mendapatkan nilai dia atas KKM yang telah diterapkan oleh sekolah.