Upaya Meningkatkan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Keywords:
Keterampilan Berkomunikasi, Komunikasi Ilmiah, Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi, tes keterampilan komunikasi dan LKPD berbantuan liveworksheets kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil observasi keterampilan komunikasi siklus 1 sebesar 52,94%meningkat menjadi 72,83% pada siklus 2. Sedangkan hasil mengerjakan LKPD peserta didik pada siklus 1 mendapatkan skor rata-rata 63,65 dan pada siklus 2 mendapatkan skor rata-rata sebesar 73,38.