Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA siswa kelas VIII D SMPN 18 Semarang

Authors

  • Hannatun Nusroh Universitas Negeri Semarang
  • Nining Kusumaningsih SMP Negeri 18 Semarang
  • Wiyanto Wiyanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Pembelajaran Interaktif.

Abstract

Pada abad ke-21, pembelajaran berfokus pada pemaksimalan potensi siswa dalam menghadapi tantangan global saat ini. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan perkembangan saat ini, salah satunya adalah pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatan motivasi belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dalam pelajaran IPA di kelas VIII D SMP Negeri 18 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus rata-rata skor motivasi belajar sebesar 66,25 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus I sebesar 79,95 dengan kategori tinggi serta pada siklus II menjadi 82,75 dengan kategori tinggi. Sedangkan penelitian hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus diperoleh persentase ketuntasan sebesar 43,75% dan adanya peningkatan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 71,875% dengan kriteria belum tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kriteria tuntas. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 18 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles