Peningkatan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik di SMP Negeri 24 Semarang melalui Model Problem Based Learning (PBL)

Authors

  • Maghfirotun Nisa PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Prapti Ngesti Rahayu SMP Negeri 24 Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan Komunikasi; Penelitian Tindakan Kelas (PTK); Problem Based Learning.

Abstract

Keterampilan abad ke-21 merupakan keterampilan yang membantu peserta didik dalam mengatasi perubahan zaman. Salah satu keterampilan abad ke-21 adalah keterampilan komunikasi dan untuk itu, model pembelajaran seperti Problem Based Learning diperlukan untuk memenuhi tuntutan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII C SMP Negeri 24 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I keterampilan komunikasi peserta didik mencapai 68% dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus II mencapai 78% dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles