Penerapan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Kelas IX di SMPN 41 Semarang
Keywords:
Kolaborasi; Metode; Praktikum.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IX F di SMP Negeri 41 Semarang dengan menerapkan metode praktikum dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 3 siklus dengan tahapan menurut Patel & Deshpande (2017) terdiri atas (1) plan; (2) do; (3) check/see; (4) act. Satu siklus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1 sub materi. Subjek penelitian ini terdiri atas 29 peserta didik kelas IX F dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi keterampilan kolaborasi dan jurnal refleksi. Data penelitian yang telah diperoleh kemudian dianalisis untuk mendapatkan gambaran keterampilan kolaborasi peserta didik. Keterampilan kolaborasi pada pra-siklus memperoleh capaian sebesar 12,4% dengan kategori kurang baik. Keterampilan kolaborasi peserta didik pada siklus I memperoleh capaian sebesar 49,2% dengan kategori cukup baik. Capaian keterampilan kolaborasi pada siklus II sebesar 75,4% dengan kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan kolaborasi pada siklus I dan siklus II sebesar 26,2%. Capaian keterampilan kolaborasi pada siklus III sebesar 90,7% dengan kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik pada siklus II dan siklus III sebesar 15,4%. Peningkatan kolaborasi pada pra siklus dengan siklus III memperoleh capaian 78,3%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode praktikum dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IX F di SMP Negeri 41 Semarang.