Penerapan Discovery Learning Menggunakan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Materi Ekologi dan Keaneragaman Hayati Kelas VII SMP Negeri 16 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi, Keaneragaman Hayati Indonesia, Discovery learning dilengkapi LKPD.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran kooperatif menggunakan model pembelajaran discovery learning dilengkapi dengan LKPD pada materi ekologi dan keaneragaman hayati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, langkah-langkah setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Semarang. yang terdiri dari 34 siswa. Data penelitian diperoleh dari nilai pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan penerapan model discovery learning yang dilengkapi LKPD menunjukkan peningkatan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi setiap siklus. Pada siklus 1 presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 29,4% dan siklus 2 sebesar 11,7%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan discovery learning menggunakan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Semarang pada materi ekologi dan keaneragaman hayati.