Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 14 Semarang
Keywords:
Keterampilan, Kolaborasi, Role Playing, Bermain Peran.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing di kelas VII A SMP Negeri 14 Semarang. Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan pada pembelajaran Abad ke-21. Metode dalam penelitian PTK ini menggunakan desains model kemmis dan me taggart selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian keterampilan kolaborasi pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase. Hasil penilaian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukkan bahwa penilaian keterampilan kolaborasi pada pra siklus diperoleh rata-rata sebesar 53% dengan kategori Cukup, pada siklus 1 diperoleh rata-rata 66% dengan kategori Baik serta pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 79% dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Role Playing terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dikelas VII A SMP Negeri 14 Semarang.