Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas VIII G SMPN 23 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry

Authors

  • Lilyana Aisyah Triwati Universitas Negeri Semarang
  • Eko Sustiyani SMP Negeri 23 Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Guided inquiry, Pemahaman Konsep IPA.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII G SMP N 23 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024, dengan berlatar belakang pada rendahnya tingkat pemahaman konsep IPA peserta didik. Pemahaman konsep IPA merupakan salah satu capaian pembelajaran yang penting dikuasai peserta didik untuk dapat menerapkan sains dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan, guided inquiry merupakan model pembelajaran yang mampu memperluas pemahaman konsep peserta didik terutama di abad 21 yang menantang. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya model pembelajaran guided inquiry memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA, namun belum pernah diterapkan dalam pembelajaran IPA di kelas tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengukur peningkatan pemahaman konsep IPA peserta didik melalui model pembelajaran guided inquiry, dan 2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran guided inquiry pada peningkatan pemahaman konsep IPA peserta didik. Penelitian dilakukan dalam 3 tahapan, yaitu 1) tahap prasiklus, 2) siklus 1, dan 3) siklus 2. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasa klasikal, uji NGain, uji normalitas, uji Wilcoxon Signed Test, dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari 27% menjadi 58% kemudian 82%. Uji N-Gain menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dari kriteria sedang ke tinggi. Kemudian uji Wilcoxon Signed Test menunjukkan peningkatan tersebut dipengaruhi oleh model pembelajaran guided inquiry. Sehingga disimpulkan bahwa pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 23 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 meningkat dengan adanya penerapan model pembelajaran guided inquiry.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles