Penerapan Project-Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issues untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Kelas VIIF SMP Negeri 35 Semarang

Authors

  • Putri Adilah Universitas Negeri Semarang
  • Sudarmin Sudarmin Universitas Negeri Semarang
  • Handyan Rozadi SMP Negeri 35 Semarang

Keywords:

Literasi Lingkungan; Project-Based Learning; Socio-Scientific Issues.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi lingkungan peserta didik pada aspek pengetahuan Ekologi, keterampilan kognitif, sikap peduli lingkungan dan perilaku tanggung jawab terhadap lingkungan melalui model pembelajaran Project-Based Learning berbasis Socio-Scientific Issues. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek seluruh peserta didik kelas VIIF SMP Negeri 35 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes literasi lingkungan. Analisis data dilakukan setiap selesai melakukan siklus dan dijadikan refleksi pembelajaran pada siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil analisis data literasi lingkungan peserta didik pada prasiklus sebesar 57%, pada siklus 1 sebesar 67%, dan pada siklus 2 sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ProjectBased Learning berbasis Socio-Scientific Issues pada materi Ekologi dapat meningkatkan literasi lingkungan dan dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles