Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII E SMPN 23 Semarang
Keywords:
Kolaborasi; Peserta Didik; Project Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi bumi dan tata surya melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Permasalahan yang ditemukan adalah adanya kesenjangan keterampilan kolaborasi peserta didik, sehingga tidak memenuhi semua indikator keterampilan kolaborasi. Penelitian ini merupakan PTK yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII E SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 34 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan angket melalui tahapan pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa angket keterampilan kolaborasi peserta didik pada pra siklus diperoleh persentase rata - rata sebesar 52% dengan kategori cukup. Pada siklus I diperoleh persentase rata - rata sebesar 67% dengan kategori baik, dan pada siklus II diperoleh persentase rata - rata sebesar 77% dengan kategori baik. Sehingga pada pembelajaran terdapat peningkatan sebesar 10%. Berdasarkan hasil penelitian oleh observer pada siklus I diperoleh persentase rata - rata sebesar 64% dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh persentase rata-rata sebesar 76% dengan kategori baik, sehingga mengalami peningkatan rata-rata persentase sebesar 12%. Berdasarkan hasil data yang diperoleh melalui angket peserta didik dan lembar observasi oleh 2 observer (teman sejawat), dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas VII E SMP Negeri 23 Semarang.