Implementasi Model Project Based Learning Berbasis TaRL Guna Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII H SMPN 13 Semarang
Keywords:
Keterampilan Kolaborasi; Project Based Learning; TaRL.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keterampilan kolaborasi peserta didik dalam belajar sehingga dilakukan tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik kelas VIII H SMPN 13 Semarang melalui implementasi pendekatan TaRL dengan model Project Based Learning (PJBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dan dilaksanakan selama 2 siklus. Subyek penelitian yang digunakan yaitu 32 peserta didik kelas VIII H SMPN 13 Semarang. Teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan TaRL menggunakan gaya belajar dan model Project Based Learning (PJBL) mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kolaborasi peserta didik dari peningkatan rata – rata nilai antara prasiklus, siklus I dan juga siklus II. Hasil observasi kelompok berdasarkan indikator kolaborasi pada kegiatan prasiklus memperoleh rata – rata nilai 46,6 menunjukan kategori Cukup, pada siklus I hasil observasi kolaborasi peserta didik menunjukan rata – rata nilai 66,7 menunjukan kategori Baik dan pada hasil observasi siklus II memperoleh rata – rata nilai 86,3 menunjukan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan TaRL dan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VIII H SMPN 13 Semarang.