Penerapan Model Pembelajaran Two Stray Two Stay untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Irfan Ihza Wardana PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Cipto Turahman SMP Negeri 20 Semarang
  • Nuni Widiarti FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kolaborasi; Two Stray Two Stay, IPA.

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran two stray two stay pada siswa kelas VIII SMP mata pelajaran IPA. Masalah pada penelitian ini adalah tingkat keterampilan kolaborasi siswa di kelas VIII F yang rendah. Jenis penelitian yang diaplikasikan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan model dari Kemmis dan McTaggart, dilakukan pada 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 20 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan kolaborasi siswa, untuk pra siklus didapatkan hasil rata-rata siswa sebesar 39,75% dengan kriteria rendah, pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 63,94% dengan kriteria tinggi, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,16% dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran two stray two stay dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII F SMPN 20 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles