Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VII C SMP Negeri 22 Semarang melalui Problem Based Learning

Authors

  • Lamdari Sulistiyani Universitas Negeri Semarang
  • Win Yunarwi SMP Negeri 22 Semarang
  • Parmin Parmin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Motivasi Belajar, PBL, Pembelajaran IPA.

Abstract

Pembelajaran IPA SMP N 22 Semarang dari hasil observasi ditemukan permasalahan di kelas VII-C yaitu kurangnya motivasi belajar dalam aktivitas pembelajaran. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran yang kurang optimal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII C di SMP Negeri 22 Semarang melalui penerapan pembelajaran IPA menggunakan model Problem Based Learning (PBL) materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model Problem Based Learning dilakukan dalam II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C dengan jumlah 34 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang telah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 22 Semarang dengan uji T-Paired dengan Signifikansi 000 yaitu terdapat peningkatan motivasi pembelajaran IPA menggunakan model Problem Based Leraning.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles