Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Berpendekatan CRT Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII pada Pembelajaran IPA
Keywords:
CRT; Kolaborasi; Project Based Learning.Abstract
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad 21 yaitu keterampilan kolaborasi. Berdasarkan hasil observasi, keterampilan kolaborasi pada peserta didik kelas VII F di SMP N 11 Semarang masih kurang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik kelas VII F. Pembelajaran menggunakan model Project Based Learning dengan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan kolaborasi dan angket penilaian antar teman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menghitung presentai nilai keterampilan kolaborasi peserta didik pada tiap siklus. Pengimplementasian model PjBL ini berhasil meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik. Peningkatan kemampuan kolaborasi ditunjukkan dengan rata-rata skor kolaborasi peserta didik pada siklus 1 sebesar 74,42 yang nberada pada kategori kolaboratif dan siklus 2 sebesar 84,75 yang berada pada kategori sangat kolaboratif. Hasil analisis angket pada siklus 1 menunjukkan skor sebesar 75,24 yang berada pada kategori kolaboratif, dan siklus 2 menunjukkan skor sebesar 78,25 yang berada pada kategori kolaboratif. Hasil uji N-gain observasi pada siklus 1 dan siklus 2 sebesar 40,3% yang termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil N-gain pada analisis lembar angket siklus 1 dan siklus 2 sebesar 12,1% yang berada pada kategori rendah.