Penerapan Model Pembelajaran PJBL Terintegrasi Teknik Keterampilan Sosial Emosional untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII C SMPN 4 Semarang

Authors

  • Amir Hasim PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Tintin Rednoningsih SMP Negeri 4 Semarang
  • Sri Sukaesih Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

hasil belajar; kolaboratif dan kooperatif; pembelajaran berbasis proyek; sosial emosional.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif dan kooperatif serta hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran PJBL terintegrasi teknik keterampilan sosial emosional di kelas VIII C SMP N 4 Semarang. Diidentifikasi bahwa beberapa peserta didik memiliki dampak negatif terhadap atmosfer kelas, sementara sebagian besar peserta didik menunjukkan gaya belajar kinestetik, masalah lain yaitu ketuntasan hasil belajar yang dihasilkan masih rendah yaitu 40,63%. Untuk memecahkan masalah tersebut pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran PJBL terintegrasi teknik keterampilan sosial emosional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, kerja sama tim, dan argumentasi serta hasil belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kemudian, kriteria keberhasilan penelitian ditentukan sebagai indikator yang digunakan dalam penelitian yaitu: pembelajaran berhasil jika ≥65% siswa berhasil menunjukkan sikap sangat kolaboratif dan kooperatif dalam pembelajaran IPA. Penerapan pembelajaran PJBL terintegrasi teknik keterampilan sosial emosional juga mengambil 2 teknik KSE, yaitu: Kegiatan menulis pengalaman pribadi yang menarik dan menulis pengalaman bekerjasama dalam kelompok. Indikator peningkatan hasil belajar ditentukan jika ≥75% peserta didik menunjukkan ketuntasan KKM pada hasil belajar. Hasil penelitian ditunjukan dengan kriteria keberhasilan telah dicapai dalam penelitian yaitu sikap kooperatif dan kolaboratif rata-rata mencapai 84,57% serta ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 87,50%. Selanjutnya, model pembelajaran PJBL terintegrasi keterampilan sosial emosional ini dapat digunakan sebagai alternatif teknikteknik yang membentuk karakter positif peserta didik terkait kerjasama dalam kegiatan belajar mengajar di kelas serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles