Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Cahaya melalui Pembelajaran Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VIII F SMPN 16 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Fivi Amelia Universitas Negeri Semarang
  • Badrul Anwar SMP Negeri 16 Semarang
  • Anton Satria Prabuana SMP Negeri 16 Semarang
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil belajar kognitif; Discovery Learning; pembelajaran IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif materi cahaya melalui pembelajaran Discovery Learning pada peserta didik kelas VIII F SMP N 16 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi fase perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi hasil. Materi pembelajaran yang digunakan adalah materi Cahaya, dan metode pembelajaran yang diterapkan adalah Discovery Learning dengan media LKPD. Peserta didik yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP N 16 Semarang. Variabel penelitian adalah hasil belajar kognitif peserta didik, yang diukur melalui pre-test dan post-test menggunakan lembar penilaian harian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian didapatkan terjadi peningkatan pada siklus I diperoleh 13 peserta didik tuntas dengan presentase klasikal 39,4% dan siklus II diperoleh 27 peserta didik tuntas dengan presentase klasikal 81,9%. Peningkatan ini terlihat dari perbandingan skor pre-test dan post-test pada setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif materi cahaya pada peserta didik kelas VIII F SMP N 16 Semarang tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles