Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII B SMP Negeri 4 Semarang
Keywords:
Keterampilan Kolaborasi, Model Discovery Learning, Pembelajaran IPA.Abstract
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi melalui model Discovery Learning pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaborasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 4 Semarang, Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 33 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode non tes berupa penilaian observasi dengan instrumen penelitian berupa lembar penilaian observasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu adanya peningkatan nilai keterampilan kolaborasi peserta didik pada setiap siklusnya dengan angka ketetapan ketercapaian sebesar 75 dan persentase ketuntasan sebesar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan keterampilan kolaborasi pada prasiklus sebesar 45% dengan nilai rata-rata 68,33, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 76% dengan nilai rata-rata 78,48, dan siklus II sebesar 88% dengan nilai rata-rata 87,58. Berdasarkan hasil tersebut, maka disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 4 Semarang. Implikasi penelitian ini yaitu keterampilan kolaborasi dapat ditingkatkan melalui model Discovery Learning. Pendidik diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik agar memiliki kemampuan kerjasama, sikap tanggung jawab, sikap berkompromi, kemampuan komunikasi, dan fleksibilitas yang baik dalam kelompok.