Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IX D SMPN 44 Semarang Melalui Model Discovery Learning berbantuan Games

Authors

  • Umi Sofiyyati Universitas Negeri Semarang
  • Supardjo Supardjo SMP Negeri 44 Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Discovery learning; Games; Keaktifan belajar.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang teridentifikasi di kelas IX D SMP N 44 Semarang yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model discovery learning dengan metode penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan dengan empat tahap kegiatan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 44 Semarang dengan jumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah ≥75% siswa mendapatkan keaktifan belajar dengan kategori sangat aktif. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa hasil rata-rata keaktifan siswa sebesar 45,60%, sedangkan pada siklus I memperoleh persentase 68,20% dan meningkat sebesar 80,65% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan games dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles