Penerapan Metode Ooutdoor Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Kelas VII G SMPN 23 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Lia Herlina PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Mubarok Mubarok SMP Negeri 23 Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pemahaman konsep, outdoor learning, IPA.

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap suatu materi menyebabkan pengetahuan yang diperoleh mudah hilang, sedangkan di era globalisasi ini siswa dituntut tidak hanya mengetahui namun paham terhadap konsep yang diajarkan. Rendahnya pemahaman ini dapat disebabkan siswa kurang terlibat aktif dan kurangnya rasa antusias dalam pembelajaran, oleh karena itu berdasarkan karaktersitik siswa peneliti menggunakan metode outdoor learning untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di kelas VII.G SMP N 23 Semarang. Bentuk penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan soal pretest-posttest dan angket respons. Hasil penelitian dengan uji-t berpasangan, yaitu terdapat perbedaan signifikan pada nilai pretest dan posttest siswa dalam peningkatan pemahaman konsep, uji N-Gain siklus I 9% kategori rendah dan siklus II diperoleh hasil 51% kategori sedang. Respons siswa terhadap pembelajaran 76% memiliki kriteria respons positif. Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA Siswa.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles