Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Pembiasan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 43 Semarang

Authors

  • Titania Triska Ananda Universitas Negeri Semarang
  • Sri Hastuti SMP Negeri 43 Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis; Problem Based Learning: Pembiasan Cahaya.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa didik di kelas VIII B SMPN 43 Semarang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diterapkan pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode PTK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrument lembar tes dan lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus 1 ke siklus. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata presentase kemampuan berpikir kritis siswa dari 56% pada siklus 1 menjadi 82% pada siklus 2. Angket tanggapan siswa juga meningkat dari 69% pada siklus 1 menjadi 78% pada siklus 2. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles