Pengaruh Model Belajar Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 26 Semarang

Authors

  • Muninggar Nugrahani Universitas Negeri Semarang
  • Triwinarni Triwinarni SMP Negeri 26 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar ; Kemampuan Kolaborasi ; Problem Based Learning (PBL).

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan capaian peserta didik dapat menganalisis dan memecahkan masalah yang diberikan. Hasil observasi yang telah dilakukan selama kegiatan pembelajaran di awal, peserta didik mengalami kekurangan di kegiatan berkolaborasi antar kelompok sehingga hasil belajar dengan kolaborasi masih kurang optimal, ditandai dengan penyelesaian LKPD yang sering tidak optimal dalam pengerjaannya, misalnya pembagian tugasnya tidak merata atau bahkan hanya mengandalkan satu orang saja. Kemampuan kolaborasi yang kurang optimal juga akan berdampak pada hasil belajar pada peserta didik dan kemampuan-kemampuan yang lain seperti keaktifan dan berpikir kritis. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan treatmen yang berbeda-beda selama 2 siklus pembelajaran yang disesuaikan dengan capaian kemampuan peserta didik. Hasil dari pelaksanaan penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan berkolaborasi pada peserta didik, serta hasil analisis menggunakan uji pairing sample T-Test yang mendapat hasil 0,000, dimana p-value 0,000<0,005 maka ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles