Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX-E SMPN 41 Semarang Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Discovery Learning

Authors

  • Siti Nurjannah Universitas Negeri Semarang
  • Sukimin Sukimin SMP Negeri 41 Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Motivasi Belajar; Pembelajaran Berdiferensiasi; Discovery Learning.

Abstract

Pada abad ke-21, pembelajaran difokuskan pada pemaksimalan potensi siswa dalam menghadapi tantangan global saat ini. Untuk itu, diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan tersebut, salah satunya adalah pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model Discovery Learning. Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA siswa setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-E dengan jumlah keseluruhan 31 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar IPA siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar IPA siswa adalah metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar dari hasil analisis angket pada siklus I pertemuan I menunjukkan 78,6%, siklus I peremuan II menunjukkan 81,1%, siklus II pertemuan I menunjukkan 83,8%, dan siklus II pertemuan II menunjukkan 86,2%. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX-E SMP Negeri 41 Semarang pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles