Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Unsur dan Senyawa Kelas VIII E SMP Negeri 19 Semarang

Authors

  • Imtyyas Yumna Nuraeni PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Sri Muryani SMP Negeri 19 Semarang
  • Hartono Hartono Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Discovery Learning, Keaktifan Peserta Didik, Hasil Belajar, Unsur dan Senyawa.

Abstract

Hasil observasi pembelajaran IPA di kelas VIII E SMP Negeri 19 Semarang menunjukan sebagian besar peserta didik di kelas tersebut memiliki kekurangan dalam hal keaktifan dan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian awal melalui metode observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru pengampu IPA didapatkan hasil bahwa hanya beberapa peserta didik yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di kelas VIII E melalui model pembelajaran Discovery Learning (DL) di SMP Negeri 19 Semarang. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII E sejumlah 32 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh data keaktifan peserta didik sebesar 62,03% dan hasil penelitian pada siklus II diperoleh data sebesar 75,46 %. Hasil belajar pada siklus I didapatkan skor n-Gain sebesar 0,59 dengan kategori “sedang”. Pada siklus II naik sebesar 0,63 dengan kategori “sedang”. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran materi unsur dan senyawa dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles