Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Kooperatif Teams Games Tournament pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 25 Semarang

Authors

  • Mufarotul Fadlilah Universitas Negeri Semarang
  • Nung Saraswati SMP Negeri 25 Semarang

Keywords:

Partisipasi Belajar siswa, Teams Games Tournament (TGT), Siswa, IPA.

Abstract

Kurangnya partisipasi siswa pada saat pendidikan sains dikalangan siswakelas IX A di SMP Negeri 25 Semarang Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT); karena model ini dapat meningkatkan partisipasi siswa Kelas IXA dalam sains, yang dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial, pengetahuan dan berpikir kritis, serta meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siklus 2 di SMP Negeri25 Semarang. Siklus I, Pertemuan II, II. Siklus tersebut terjadi pada pertemuan pertama. Penelitian dilakukan pada 34 siswa kelas IX A. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan menulis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan olahraga beregu.Tantangan belajar IPA (TGT). (2) Jelajahi bagaimana siswa terlibat dalam pembelajaran menggunakan Teams Games Tournament (TGT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan olahraga beregu (TGT) dapat meningkatkan partisipasi siswa di SMP Negeri 25 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles