Penerapan Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPA Kelas VIII C SMP N 31 Semarang
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas; Team Games Tournament (TGT); Motivasi Belajar.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dilihat dari rata-rata tingkat motivasi belajar siswa pada pra siklus adalah 57.8%. Pada siklus I, rata-rata tingkat motivasi belajar siswa meningkat menjadi 76.2% dan pada siklus II, rata-rata tingkat motivasi belajar siswa meningkat menjadi 88.5%.