Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IXG SMPN 22 Semarang
Keywords:
Minat Belajar; Model Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 22 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui penerapan Metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di ma na setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IX. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan guru, angket minat belajar siswa dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan dari Pras siklus 56,00% dan siklus I menjadi 71%, kemudian siklus II 78% sehingga terjadi peningkatan sebesar 7%, yang dapat dikategorikan sebagai peningkatan yang sangat kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan Minat dan Hasil Belaja Siswa pada Mata Pelajaran IPA bagi siswa kelas IX di SMP Negeri 22 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024.