Peningkatan Minat Belajar Melalui Pendekatan Tarl Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya Di SMP N 42 Semarang
Keywords:
Minat Belajar; pendekatan Teaching at the Right Level; Struktur bumi dan perkembangannya.Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas VIII C semester genap tahun pelajaran 2023/2024 SMP N 42 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian tindakan kelas yang diterapkan adalah model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan 2 siklus pembelajaran di kelas VIII C sejumlah 34 peserta didik. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pengambilan data penelitian minat belajar IPA peserta didik diambil dengan menggunakan instrumen minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif antar siklus. Data yang didapatkan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini diperoleh rata-rata indeks minat belajar pada pra siklus sebesar 50,75%. Pada siklus I didapatkan rata-rata minat belajar peserta didik adalah 62,40%. Kemudian rata-rata indeks minat belajar peserta didik pada siklus II adalah 80,11%. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan minat belajar IPA dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level di kelas VIII C SMP N 42 Semarang semester genap tahun pelajaran 2023/2024.