Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Interaktif Kelas VIID SMPN 18 Semarang

Authors

  • Hernika Ifada Universitas Negeri Semarang
  • Nining Kusumaningsih SMP Negeri 18 Semarang
  • Wiyanto Wiyanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

discovery learning; media interaktif; pemahaman konsep.

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada model pembelajaran secara tradisional diterapkan pada pembelajaran IPA di kelas VII D yang berakibat pada rendahnya pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII D SMP N 18 Semarang, metode penelitian yang digunakan ialah metode Tindakan kelas kolaboratif (PTKK), Teknik pengumpulan data didasarkan pada hasil tes tulis pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, presentasi klasikal pemahaman konsep meningkat dari 21,9% pada prasiklus, 62,6% belum mencapai ketuntasan klasikalnya 75% pada siklus I dan meningkat menjadi 96,9% melampaui ketuntasan klasikal 75% pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning dan media interaktif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII D SMP Negeri 18 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles