Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VII C SMPN 2 Semarang menggunakan Alat Peraga
Keywords:
Alat peraga; Bumi; Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMPN 2 Semarang. Kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran IPA mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memanfaatkan alat peraga dalam materi Bumi dan Pergerakannya guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian berupa peserta didik kelas VII C SMPN 2 Semarang yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data penelitian berdasarkan observasi aktivitas belajar dan hasil belajar. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan, diperoleh rerata skor tes siklus I sebesar 67,55 dan siklus kedua sebesar 85,14. Jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I sebanyak 29,41% meningkat menjadi 85,29% pada siklus II. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I teramati dengan skor 37,05% dan 70,59% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMPN 2 Semarang.