Peningkatan Literasi Membaca melalui Penerapan Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas IX-F SMP Negeri 18 Semarang

Authors

  • Ifti Rahmatika Universitas Negeri Semarang
  • Indah Yulianti Irianingrum SMP Negeri 18 Semarang
  • Wiyanto Wiyanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Discovery Learning; Literasi Membaca; Pembelajaran IPA.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas IX-F SMP Negeri 18 Semarang melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas IX-F SMP Negeri 18 Semarang. Teknik pengambilan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan literasi membaca siswa kelas IX-F SMP Negeri 18 Semarang. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya capaian rata-rata persentase aspek literasi membaca siswa dari 58,6% pada pra siklus, meningkat menjadi 76,8% pada siklus I dan 87,1% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan literasi membaca siswa kelas IX-F SMP Negeri 18 Semarang pada pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles