Pendekatan TaRL Berbantuan Game Edukatif Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX C SMPN 41 Semarang

Authors

  • Sunarti Sunarti Universitas Negeri Semarang
  • Sukimin Sukimin SMP Negeri 41 Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Minat Belajar; TaRL; Wordwall.

Abstract

Berdasakan pengamatan terhadap siswa kelas IXC, menunjukkan siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran IPA. Kondisi ini dikarenakan minat siswa untuk belajar IPA rendah. Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan game edukatif wordwall dapat dijadikan solusi yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IXC SMPN 41 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Prosedur penelitian yang digunakan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui hasil observasi dan secara kuantitatif berdasarkan angket minat belajar siswa. Setelah angket minat belajar dianalisis, dihasilkan persentase minat belajar siswa pada pra siklus sebesar 58,91% yang termasuk dalam kriteria kurang, siklus I sebesar 76,61% termasuk kriteria baik, dan siklus II sebesar 84,52% tergolong kriteria sangat baik. Hasil persentase minat belajar siswa disetiap siklusnya membuktikan adanya peningkatan, dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 17,7% dan dari siklus I ke siklus II meningkat 7,91%. Hasil peningkatan minat belajar siswa pada penelitian ini mengindikasikan implementasi pendekatan TaRL berbantuan game edukatif wordwall efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IXC SMPN 41 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles