Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning Kelas VII SMPN 20 Semarang

Authors

  • Isna Dzatul Afifah Universitas Negeri Semarang
  • Cipto Turahman SMP Negeri 20 Semarang
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

minat belajar, problem based learning, pembelajaran IPA.

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu kunci dari keberhasilan peserta didik untuk mencapai tuujuan belajar. Akan tetapi,melihat fakta dilapangan banyak siswa yang memiliki minat belajar yang rendah dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran IPA, Sehingga dilakukan penelitian pembelajaran IPA menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Peserta didik kelas VII SMP N 20 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas ( PTK) yang pelaksanaan nya dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilakukan dengan subjek peserta didik kelas VII D SMP N 20 Semarang dengan jumlah 34 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu lembar obseravsi kegiatan pembelajaran dan lembar angket minat belajar peserta didik pada setiap siklus. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan untuk mengetahui hasil peningkatan minat belajar peserta didik dan analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui hasil observasi kegiatan pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan minat belajar pada siklus I sebesar 67,21% sedangkan pada siklus II yaitu 76,66%.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles