Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VIID SMP Negeri 32 Semarang

Authors

  • Nur Kholifatun Nisa Universitas Negeri Semarang
  • Endang Susilowati SMP Negeri 32 Semarang
  • Akhadani Afta Zahara SMP Negeri 32 Semarang
  • Ellianawati Ellianawati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Kolaborasi; Problem Based Learning.

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa untuk menunjang kebutuhan di abad 21, rendahnya kemampuan kolaborasi menjadi salah satu permasalahan yang harus di selesaikan agar siswa dapat bekerja secara efektif dan bertanggung jawab atas dirinya. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan kolaborasi siswa dengan menggunakan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran IPA siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Semarang tahun ajaran 2023-2024 dengan sampel 32 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar penilaian antar teman yang mana satu orang menilai dua teman yang ada disebelah kanan dan kirinya, analisis yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan kolaborasi siswa dari prasiklus dengan nilai rata-rata 71,74 ke siklus I dengan nilai rata-rata 77,58, dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II dengan nilai 84,72. Model problem based learning dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan kemampuan dalam mendesain pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles