Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi melaui Pendekatan TaRL pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Semarang
Keywords:
Kemampuan Kolaborasi; TaRL; Teaching at The Right Level.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kolaborasi peserta didik kelas VII SMPN 20 Semarang melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 20 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang pelaksanaannya dilakukan dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan subjek kelas VII F SMP Negeri 20 Semarang yang berjumlah 34 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi kemampuan kolaborasi peserta didik pada setiap siklus. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan kolaborasi peserta didik. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan penelitian yaitu penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik yang ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan pada setiap aspek kemampuan kolaborasi selama 2 siklus yaitu sebesar 38,4%, 42,12%, 28,47% dan 18,59%. Simpulan dari penelitian ini yaitu Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik.