Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang
Keywords:
IPA; Keterampilan Kolaborasi; Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berkolaborasi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Semarang dengan jumlah 34 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 18 dan jumlah siswa perempuan sebanyak 16. Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini yaitu menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII A dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kolaborasi antar siswa mulai dari prasiklus, siklus I dan siklus II meningkat sebesar 30,75%. Rata-rata keterampilan kolaborasi antar siswa pada prasiklus awalnya sebesar 52,25%, kemudian bertambah pada siklus I sebesar 73,25% kategori baik serta semakin meningkat pada siklus II sebesar 83% kategori sangat baik. Dengan demikian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning bisa meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas VIII A.