Penerapan Model PBL Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Keaktifan Siswa Kelas IX A SMP Negeri 7 Semarang

Authors

  • Diah Intan Pusparini PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Koko Supratiyoko SMP Negeri 7 Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Literasi sains, keaktifan, peningkatan.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi masih rendahnya literasi sains dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan literasi sains dan keaktifan siswa pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) berdiferensiasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A di SMP N 7 Semarang semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 32 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes literasi sains, angket sikap terhadap sains, lembar pengamatan dan dokumentasi. Keterlaksanaan model PBL berdiferensiasi sesuai dengan sintaks. Pada siklus I keterampilan literasi sains siswa yang tuntas dari nilai KKM ada 62,5%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 21,87% sehingga menjadi 84,38%. Nilai N-gain pada siklus I yaitu 0,55 dengan kategori sedang, sedangkan nilai N-gain pada siklus II yaitu 0,78 dengan kategori tinggi. Peningkatan literasi sains siswa juga terlihat dari analisis angket yang disusun berdasarkan kompetensi menurut OECD yang mengalami peningkatan dari 77,76% pada siklus I menjadi 80,30% pada siklus II dengan kategori tinggi. Rata-rata keaktifan siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,37% dari nilai rata-rata keaktifan 53,64% dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 68,49,% dengan kategori tinggi pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berdiferensiasi dapat meningkatkan literasi sains dan keaktifan belajar siswa.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles