Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pembiasan Cahaya di SMPN 43 Semarang

Authors

  • Tri Desi Murniwati PPG Prajabatan, Universitas Negeri Semarang
  • Sri Hastuti SMP Negeri 43 Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan proses sains, pembiasan cahaya, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik melalui penerapan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas VIII E di SMPN 43 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, dengan instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Keterampilan proses sains yang diukur dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengamati, menafsirkan, berkomunikasi, berhipotesis, menerapkan konsep, dan mengajukan pertanyaan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 73,48% menjadi 84,84% di siklus 2 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang disajikan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles