Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Pendekatan TPACK pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik
Keywords:
Discovery Learning, hasil belajar, IPA, keaktifan belajar, partikel penyusun benda dan makhluk hidup, pendekatan TPACK.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup dengan memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan TPACK dan model Discovery Learning pada siswa Kelas 9B semester 2 tahun ajaran 2023/2024 di SMP Negeri 41 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK), model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua sesi. Guru berperan sebagai fasilitator dan pendamping siswa dalam menjalankan proyek, sementara siswa berperan sebagai pembelajar aktif yang mencari solusi atas tantangan yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan jenis fenomenologi yang akan mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis pendekatan TPACK dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas 9B SMP Negeri 41 Semarang. Peningkatan keaktifan belajar IPA terlihat dari rata-rata persentase indikator keaktifan belajar IPA siswa pada prasiklus sebesar 53,7%, sedangkan pada siklus I rata-rata persentase indikator keaktifan belajar IPA siswa meningkat menjadi 65,7% dan rata-rata persentase indikator keaktifan belajar IPA siswa pada siklus II sebesar 71,8%.