Implementasi Model STAD Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas 7H SMP Negeri 32 Semarang dalam Pelajaran IPA

Authors

  • Nur Chikmiazizi Universitas Negeri Semarang
  • Endang Susilowati SMP Negeri 32 Semarang
  • Ellianawati Ellianawati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, IPA, Tata Surya.

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting yang diperlukan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 32 Semarang menunjukkan bahwa peserta didik kelas 7H mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal terbuka. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif mereka masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pelajaran IPA pada materi bumi dan tata surya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus, dengan subjek penelitian yaitu kelas 7H sejumlah 31 peserta didik. Alur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi proses pembelajaran. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil tes, angket, dan dokumen, yang dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berfikir kreatif peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan nilai n-gain berturut-turut adalah 0,41 dan 0,78. Aktivitas peserta didik dalam kelompok mendukung peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran ini, dan lebih memahami materi karena secara aktif terlibat dalam menemukan materi melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang disesuaikan dengan gaya belajar mereka. Kesimpulan pada penelitian yang dilakukan mengenai implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Proses pembelajaran ini mendorong keterlibatan aktif peserta didik dan pembiasaan yang berkelanjutan untuk mencapai peningkatan yang lebih signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles