Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Cahaya Kelas 8 di SMPN 6 Semarang
Keywords:
Pembelajaran inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Cahaya; SMP Negeri 6 Semarang.Abstract
Pendidikan memegang peran penting dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan. Salah satu aspek kunci dalam proses pendidikan adalah metode pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya IPA kelas 8 di SMPN 6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan memilih 32 peserta didik sebagai sampel. Instrumen penelitian meliputi tes dan observasi, dengan desain penelitian pre-experimental one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan hasil belajar siswa dengan analisis N-Gain 0,525 dalam kategori sedang. Dimana nilai rata-rata siswa siklus I adalah 78 kemudian meningkat menjadi 90 pada siklus II, sehingga telah mencapai KKTP yang diharapkan yaitu ≥85. Kesimpulannya, penerapan metode inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya IPA kelas 8 di SMPN 6 Semarang. Metode ini mendorong partisipasi aktif siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep ilmiah.