Pembelajaran Discovery Learning Berpendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Materi Cahaya dan Alat Optik untuk Melatih Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII E Tahun Ajaran 2023/2024 SMPN 16 Semarang

Authors

  • Fitriyani Mutiara Candra Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Semarang
  • Badrul Anwar SMP Negeri 16 Semarang
  • Anton Satria Prabuana SMP Negeri 16 Semarang
  • Bambang Subali Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Discovery Learning, Keterampilan Kolaborasi, Materi Cahaya dan Alat Optik, Culturally Responsive Teaching (CRT).

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMPN 16 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 21 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif deskriptif untuk menganalisis skor penilaian. Berdasarkan hasil refleksi pembelajaran didapati bahwa 65% peserta didik menginginkan kelompok dengan teman yang bisa diajak untuk kolaborasi, data awal menunjukkan presentase kolaborasi peserta didik sebesar 48.81% kategori cukup. Hasil penelitian siklus I menunjukkan keterampilan kolaborasi rata-rata peserta didik sebesar 75.74% kategori baik. Siklus II menunjukkan keterampilan kolaborasi rata-rata peserta didik sebesar 95.83% kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran discovery learning berpendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) materi cahaya dan alat optik mampu melatih keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VIII E tahun ajaran 2023/2024 SMPN 16 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles