Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis SocioScientific Issue untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIID Materi Ekologi

Authors

  • Ponang Tri Prasetyo Universitas Negeri Semarang
  • Sudarmin Sudarmin Universitas Negeri Semarang
  • Eko Nur Haryanto SMP Negeri 35 Semarang

Keywords:

Kemampuan berpikir Kritis, Problem Based Learning, Sosio-Scientific Issue.

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP N 35 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis sosio-scientific issue pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP N 35 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 32 peserta didik. pada penelitian ini data dihasilkan melalui tes.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan ketrampilan berpikir kritis peserta didik dari 54,2% pada pretest menjadi 68,8% pada siklus I dan 81,2% pada siklus II Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dilihat dari beberapa Indikator yaitu bertanya,menjawab pertanyaan, mengevaluasi, menganalisis argumen dan membuat kesimpulan.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles