Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Materi Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Kelas VIII SMPN 16 Semarang

Authors

  • Flora Umaya Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang
  • Tri Dasa Januarsi SMP Negeri 16 Semarang

Keywords:

Discovery Learning; Literasi Numerasi; LKPD; Model Pembelajaran.

Abstract

Hasil PISA (Programme for International Student Assesment) yang selenggarakan pada tahun 2022, menjelaskan bahwa skor peserta didik Indonesia pada bidang literasi matematika menunjukkan penurunan dibanding pada tahun 2018, yaitu dari skor 379 turun menjadi 366 pada tahun 2022. Literasi matematika (numerasi) sendiri merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan literasi matematika (numerasi) menjadi urgensi tersendiri dikarenakan literasi numerasi juga menjadi salah satu literasi dasar yang merupakan bagian dari kecakapan abad-21. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi usaha, energi dan pesawat sederhana, melalui model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan LKPD yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan melibatkan 32 peserta didik kelas VIII A. Data pada penelitian ini diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, dimana indikator keberhasilan penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai N-Gain pre-test post-test kemampuan literasi numerasi peserta didik selama proses pembelajaran pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai N-gain 0,18 dengan kategori rendah, siklus II dengan nilai N-gain sebesar 0,27 yang termasuk pada kategori sedang, dan siklus III dengan nilai N-gain sebesar 0,57 dengan kategori tinggi.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles