Upaya Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya
Keywords:
Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi, Model pembelajaran PBL.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi struktur bumi dan perkembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII E SMP Negeri 30 Semarang pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Model pengumpulan data pada penelitian ini yaitu model observasi dan tes. Penelitian ini mengunakan teknik analisis data kulitatif dan kuantitatif. Acuan keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil peningkatan keterampilan kolaborasi yang pada tahap prasiklus 55,9% meningkat menjadi 77,45% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 88,43% pada siklus II. Selain itu hasil belajar peserta didik juga meningkat ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai posttest dan ketuntasan klasikal. Pada tahap pra-siklus rata-rata nilai posttest peserta didik sebesar 76,45 dengan ketuntasan klasikal 55,83% meningkat menjadi 89,78 dengan ketuntasan klasikal 90% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 91 dengan keruntasan klasikal 96,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik pada materi struktur bumi dan perkembangannya.