Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang
Keywords:
Keterampilan bertanya, Problem Based Learning, Pembelajaran IPA.Abstract
Kegiatan tanya jawab merupakan bagian dari proses belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bertanya peserta didik kelas VIII. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan bertanya peserta didik diantaranya peserta didik kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, rasa ingin tahu peserta didik yang masih rendah, merasa malu, takut salah, diolok-olok peserta didik lain, kurang focus pada saat pembelajaran serta proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bertanya peserta didik dengan penerapan Problem Based Learning pada pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 20 Semarang tahun ajaran 2023 / 2024 sebanyak 32 peserta didik. Adapun penelitian ini dilaksanakan di Jalan Kapas Utara Raya Utara II/2, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis data berupa analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pertanyaan peserta didik pada siklus 1 dengan level kognitif C1-C2 sebesar 9,3%, C3-C4 sebesar 18,7% dan pada siklus 2 dengan level kognitif C1-C2 sebesar 12,5%, C3-C4 sebesar 31%. Sedangkan jumlah peserta didik yang bertanya pada siklus 1 sebanyak 9 orang dan pada siklus 2 sebanyak 13 orang. Berdasarkan data tersebut bahwa keterampilan bertanya peserta didik dalam proses pembelajaran melalui metode penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sudah mengalami peningkatan dari pembelajaran sebelumnya yang menggunakan metode pembelajaran ceramah.