Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Dengan Model Discovery Learning Kelas IX G SMP N 17 Semarang
Keywords:
Discovery Learning; Pemahaman IPA, Penelitian Tindakan Kelas.Abstract
Pemahaman konsep IPA penting dimiliki oleh peserta didik guna menyelesaikan tugas dan masalah IPA. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman I P A peserta didik kelas IX G SMPN 17 Semarang masih cukup rendah. Hal ini menyebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran. Rendahnya pemahaman konsep IPA dan hasil belajar disebabkan peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan konsep dalam belajar IPA. Maka dari itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik sehingga hasil belajar dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yag terdiri dari dua siklus. Data diperoleh dari observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran, observasi pemahaman konsep ipa, dan hasil tes tertulis pemahaman konsep ipa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep ipa dan hasil belajar peserta didik kelas IX G melalui model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitianmenunjukkan pada siklus 1 pemahaman konsep ipa berdasarkan hasil observasi 48,5% meningkat pada siklus 2 menjadi 72%. Diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IX G SMPN 17 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.