Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Model Problem Based Learning

Authors

  • Lutiatun Hikmah PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Prapti Ngesti Rahayu SMP Negeri 24 Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Belajar; Motivasi; Problem Based Learning.

Abstract

Motivasi belajar yang semakin menurun disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya menurunnya hasil belajar, metode pembelajaran yang monoton serta partisipasi peserta didik yang kurang. Dengan menerapkan model ini, diharapkan mampu menaikkan motivasi belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup. Peserta didik yang terdiri dari 17 laki-laki dan 16 perempuan pada kelas VII B menjadi subjek penelitian tindakan kelas ini.. Penelitian Metode penelitian ini menggunakan penelitian dari Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan pada masing-masing siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Data yang digunakan merupakan hasil dari angket pra siklus, siklus I dan siklus II untuk selanjutnya dianalisis menggunakan uji efektivitas N-Gain. Berdasarkan data analisis NGain tersebut dihasilkan data peningkatan pada siklus I dengan nilai 0,5 masuk kategori sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 0,63 masuk kategori sedang. Berdasarkan data yang didapatkan maka pembelajaran Problem Based Learning pada materi klasifikasi makhluk hidup mampu menaikkan motivasi belajar peserta didik kelas VII B di SMP Negeri 24 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles