Peningkatan Keterampilan Kolaborasi melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan pada Kelas VIII C SMP Negeri 21 Semarang

Authors

  • Isna Novebriana Jazirotunnisa PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Rachayuni Rachayuni SMP Negeri 21 Semarang
  • Andin Irsadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan Kolaborasi; Permainan; Problem based Learning.

Abstract

Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik, salah satunya adalah keterampilan kolaborasi. Peserta didik pada kegiatan diskusi kelompok menunjukkan keterampilan kolaborasi yang rendah. Hal tersebut ditunjukkan kurangnya kerja sama, pembagian tugas, berpendapat dalam kelompok, dan terdapat peserta didik yang ketergantungan dengan teman kelompok lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik melalui model Problem Based Learning berbantuan permainan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C SMP Negeri 21 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 34 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi secara langsung selama proses pembelajaran berlangsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada prasiklus diperoleh rata-rata persentase keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 53 % dalam kategori cukup baik. Pada siklus 1 menunjukkan peningkatan sebesar 8 % dengan rata-rata persentase keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 61% dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 13 % dengan rata-rata persentase keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 74% dalam kategori baik. Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan permainan dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles