Model Pembelajaran TGT berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VII-C SMPN 13 Semarang
Keywords:
Keaktifan belajar; Pembelajaran IPA; TGT; Wordwall.Abstract
Kurikulum Merdeka yang digunakan saat ini mengharuskan pelaksanaan pembelajaran yang merdeka, salah satunya ditandai dengan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Maka dari itu, peserta didik harus terlibat aktif dalam setiap rangkaian aktivitas pembelajaran. Namun, saat ini masih dijumpai peserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran karena berbagai alasan. Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas VII-C SMP Negeri 13 Semarang pada pembelajaran IPA, dengan model Team Games Tournament (TGT) berbantuan Wordwall. Aktivitas pembelajaran menggunakan metode literasi dan perlombaan cerdas cermat. Adapun penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan data keaktifan peserta didik sebelum siklus (data pra-siklus), dari total 33 orang peserta didik, 11 orang peserta didik berada pada kriteria keaktifan belajar rendah, sedangkan 21 orang lainnya berada pada kriteria sedang. Kemudian, setelah siklus I terdapat peningkatan yaitu 3 orang peserta didik berada pada kriteria sedang dan 30 orang lainnya berada pada kriteria tinggi. Setelah melanjutkan pada siklus II, hasilnya kembali meningkat, dimana 1 orang peserta didik berada pada kriteria sedang dan 32 orang lainnya berada pada kriteria tinggi. Peningkatan tersebut terjadi karena model TGT dengan aktivitas pembelajaran berupa lomba cerdas cermat berbantuan Wordwall memotivasi peserta didik untuk terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas, serta membuat aktivitas pembelajaran lebih bervariasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model TGT dengan bantuan Wordwall dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.