Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Kelas IX F SMP Negeri 38 Semarang

Authors

  • Rizki Ghani Pangestu Universitas Negeri Semarang
  • Ali Imron SMP Negeri 38 Semarang
  • Sri Ngabekti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil Belajar; Problem Based Learning (PBL); tanah dan keberlangsungan kehidupan.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan kelas IX F di SMP Negeri 38 Semarang. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan dari kelas IX F SMP Negeri 38 Semarang tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus kegiatan sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahapan terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan PTK disetiap siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah peneliti menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Peningkatan nilai ratarata dari setiap siklus yaitu 50,33 pada prasiklus. 73 pada siklus I dan 85 pada siklus II, kemudian untuk persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus yang awalnya hanya 13,33 %, pada siklus I meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus II mampu mencapai 86,67%.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles